Minggu, 30 Oktober 2016

Media Sosial


Media Sosial adalah tempat atau sarana dalam pergaulan virtual yang bisa membuat penggunanya berkomunikasi, interaksi, kirim pesan, saling berbagi, share lokasi dan sebagainya.

Menurut Wikipediamedia sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya (users) bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content" (Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein [2010] "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1): 59–68).


Karakteristik Media Sosial

Gamble, Teri, dan Michael dalam Communication Works sebagaimana dikutip Wikipedia menyebutkan, media sosial mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
  1. Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  2. Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  3. Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  4. Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

Jenis-Jenis Media Sosial

Media sosial sangatlah banyak dari yang kegunaan intinya untuk mengupdate status, share gambar, share video, sampai share lokasi. Dari sekian banyak media sosial, yang paling sering dan populer di Indonesia adalah sebagai berikut :
   1. Facebook
   2. Google +
   3. Twitter
   4. Youtube
   5. Blog
   6. Instagram
   7. Pinterest
   8. Path

Dikutip dari laporan Digital 2016 yang dibuat oleh We Are Social, berikut ini adalah bagan 'Top Active Social Platforms' di Indonesia
Dari Grafik di atas, Facebook, Google+, Twitter, Instagram, dan Pinterest adalah Social Network yang paling aktif diantara pengguna di Indonesia. Kita akan membahas lebih dalam kenapa Sosial media tersebut diatas bisa menjadi yang paling top di Indonesia.

1. Facebook- Ya tentu saja, Facebook buatan Mark Zuckerberg ada diurutan pertama apalagi kalau bukan karena fitur-fiturnya yang menarik pemakainya seperti tampilannya yang elegan, bisa mengupdate status dimana saja dan kapan saja, bisa chat langsung dan sekarang bisa membuat panggilan telepon, bisa memainkan game, bisa mengupload jenis konten yang beragam, dan yang paling membuat tertarik dari facebook adalah penggunaannya yang mudah dipakai untuk keperluan apa saja termasuk berbisnis. 
2.Google+ - Memulai debutnya pada 28 Juni 2011, pertumbuhan google+ naik teratur hingga sekarang. Fitur yang memungkinkan banyak pengguna memakainya adalah adanya "+1 button" yang penggunaannya mirip dengan trending topic nya twitter, photography dsb.
3. Twitter - Sosial media ini banyak sekali digunakan para artis atau publik figur di seluruh dunia untuk memposting seluruh aktifitasnya, bisa menjalin antara satu sama yang lain terutama artis dan para fans nya, menjadi sarana untuk curhat dan sebagainya. Mungkin ini yang membuat kalangan masyarakat Indonesia suka menggunakan twitter untuk mendapatkan post terbaru dari sang artis idola.
4. Instagram - Sosial media yang menggunakan gambar dan video sebagai sarana update status utamanya. Jadi segala aktifitas yang bisa di abadikan oleh pengguna nya akan langsung di upload dan di beri caption yang berisi kata-kata situasi pada saat tersebut dan tidak jarang diselingi dengan kata-kata indah yang membuat penggunanya menjadi 'SelebGram'. Tidak hanya untuk sharing kehidupan pribadi, Instagram juga adalah ladang ekonomi bagi para Seller dalam menjual produknya.
Hasil gambar untuk icon pinterest5. Pinterest - Sebagai photo web artikel, wajar saja sosial media ini lumayan banyak dipakai penggunanya di Indonesia karena banyak orang di Indonesia yang ingin berbagi keindahan fotonya di bidang fotografi sekaligus menjalani hobinya. Salah satu alasan kenapa banyak pengguanya di Indonesia juga karena untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia melewati keindahan fotografi. Bagi kamu para blogger, pinterest juga bisa mempromosikan blogmu dengan cara share link blog (pin URL blog), juga bisa membuat kategori atau channel (dalam pinterest disebut board)agar lebih mudah membedakan tiap kategori.

Sumber referensi :


Sekian lah artikel tentang Media SosialJangan ragu untuk like dan share artikel ini dalam rangka berbagi ilmu dan jangan lupa mencantumkan sumbernya! ^__^
Unknown Web Developer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar