Media Sosial adalah tempat atau sarana dalam pergaulan virtual yang bisa membuat penggunanya berkomunikasi, interaksi, kirim pesan, saling berbagi, share lokasi dan sebagainya.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content" (Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein [2010] "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media". Business Horizons 53(1): 59–68).
Karakteristik Media Sosial
Gamble, Teri, dan Michael dalam Communication Works sebagaimana dikutip Wikipedia menyebutkan, media sosial mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Jenis-Jenis Media Sosial
Media sosial sangatlah banyak dari yang kegunaan intinya untuk mengupdate status, share gambar, share video, sampai share lokasi. Dari sekian banyak media sosial, yang paling sering dan populer di Indonesia adalah sebagai berikut :
1. Facebook
2. Google +
3. Twitter
4. Youtube
5. Blog
6. Instagram
7. Pinterest
8. Path
Dikutip dari laporan Digital 2016 yang dibuat oleh We Are Social, berikut ini adalah bagan 'Top Active Social Platforms' di Indonesia
Dari Grafik di atas, Facebook, Google+, Twitter, Instagram, dan Pinterest adalah Social Network yang paling aktif diantara pengguna di Indonesia. Kita akan membahas lebih dalam kenapa Sosial media tersebut diatas bisa menjadi yang paling top di Indonesia.





Sumber referensi :
Sekian lah artikel tentang Media Sosial. Jangan ragu untuk like dan share artikel ini dalam rangka berbagi ilmu dan jangan lupa mencantumkan sumbernya! ^__^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar